Kamis, 02 Juli 2020

Belum Pernah Terungkap, Cerita Dibalik Pertemuan HRS-Amien Rais-Prabowo di Mekkah

Belum Pernah Terungkap, Cerita Dibalik Pertemuan HRS-Amien Rais-Prabowo di Mekkah

Foto: Penulis bersama Amien Rais.

Jakarta, Swamedium.com — Ada cerita di balik Pilpres 2019yang belum terungkap sebelum memunculkan dua pasangan kandidat Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pertemuan Prabowo, M. Amien Rais, dan Habib Rizieq Sihab di Makkah beritanya sudah tersiar luas. Tapi ada cerita yang belum diungkap. Cerita ini saya peroleh dari wawancara dengan Prabowo Subianto dan Amien Rais.

Hari itu, usai umrah Prabowo disertai beberapa tokoh mengunjungi Habib Rizieq di rumahnya. Kemudian Amien Rais menyusul. Di depan para tamunya Habib Rizieq menanyakan kesiapan Prabowo Subianto maju menjadi calon presiden menghadapi incumbent Joko Widodo.

Prabowo menjawab, dirinya tidak siap maju karena kurang dukungan finansial dan logistik politik yang diperlukan saat Pilpres.

”Hari ini saya katakan jujur. Saya sudah tidak punya uang. Semua aset saya telah dibekukan oleh rezim Jokowi. Semua bisnis saya dihambat. Termasuk bisnis yang dijalankan oleh adik saya Hasyim Djojohadikusumo banyak diganggu,” ujar Prabowo.

Habib Rizieq mengatakan, kita harus mendorong tokoh bangsa untuk tampil bertanding melawan rezim Jokowi.

”Saya rasa tidak ada pilihan lagi yang kuat, kecuali Ayatullah Amien Rais,” tegas Prabowo.

Pertemuan sore itu disepakati Amien Rais akan maju menjadi Capres didampingi Prabowo Subianto sebagai Cawapresnya.

Mahathir Effect

Optimisme itu didasari hasil Pemilu di Malaysia. Partai Pribumi Bersatu yang didirikan Mahathir Mohammad dan koalisinya menang melawan UMNO. Ini berkat Mahathir effect yang turun gunung setelah pensiun.

Munculnya pasangan Amien Rais-Prabowo dalam Pilpres 2019 diharapkan muncul semacam Mahathir effect. Sebab Amien Rais selama ini dikenal sangat kritis terhadap pemerintah dan pengaruhnya masih kuat.

Setiba di tanah air dukungan datang. Tak kurang Letjen (Purn) Sjarwan Hamid langsung bergerak konsolidasi jaringan merealisasikan duet capres-cawapres ini.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.