Jumat, 27 November 2020

JPS Itu Juga Menyasar Warga Rentan Miskin

JPS Itu Juga Menyasar Warga Rentan Miskin

Foto: Denni Risman.

Pekanbaru, Swamedium.com — Ingat, Jaring Pengaman Sosial (JPS) itu diperuntukan bagi warga miskin dan rentan miskin (ada pula daerah memakai istilah rawan miskin) akibat pandemi virus covid-19.

Warga miskin jelas kriterianya dan angkanya. Yang jadi masalah adalah mereka rentan miskin. Ada beberapa kriteria yang sudah ditetapkan mereka yang rentan/rawan miskin ini. DIantaranya, warga yang positif, ODP, PDP dan kena isolasi mandiri 14 hari. Lalu mereka yang kehilangan usaha, kena PHK, UMKM/Koperasi yang tidak bisa beroperasi, dll. Kriteria inilah yang divalidasi RT/RW sesuai kriteria.

Karena dampak ekonomi akibat pandemi sudah mensasar semua kelompok/orang, wajar angka rawan/rentan miskin ini jadi membludak. Bisa jadi, tadinya dia kelompok menengah, tapi karena pandemi ini dia ikut kena dampak ekonomi, di phk, dirumahkan, usaha stagnan karena PSBB, dan pk RT/RW kemudian memasukan namanya dalam daftar. Wajar kan!

Jadi pak walikota, pak bupati dan pak gubernur, tolong dilihat lagi kriteria jaring pengamn sosial soal rentan/rawan miskin ini. Jangan kemudian data membludak, lalu terkejut. Kalau tak mau terkejut, bicara di publik, yang kami beri hanya untuk warga miskin. Mereka yang rentan/rawan miskin sesuai di Jaring Pengaman Sosial tidak kami beri. Maka persoalan di lapangan jadi clear. Pak RT/RW pun jadi enak menjelaskan ke warganya.

Salam Jaring Pengaman Sosial. (*)

*Penulis: Denni Risman

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.