Minggu, 25 Oktober 2020

Sudah Seharusnya Pemprov Sumbar Bertindak Tegas di PSBB

Sudah Seharusnya Pemprov Sumbar Bertindak Tegas di PSBB

Padang, Swamedium.com — Ada apa dengan Sumbar? Ada apa dengan Padang? Kok data pasien positif covid-19 semakin banyak. Padahal semua langkah untuk menyetop perantau pulang kampung sudah dilakukan. Semua pintu masuk kota Padang sudah diperketat. Wagub Sumbar hingga Wali Kota Padang sampai turun ke perbatasan untuk mengawasi.

Ada apa?

Apakah karena masih ada yang abai dengan telah ditetapkannya sejumlah kota di Sumbar sebagai daerah transmisi lokal, seperti kota Padang, Bukittinggi, Kota Pariaman, dan Kab. Pesisir Selatan. Artinya, warga di kota itu sudah pembawa virus covid-19. Lihat saja dengan kasus yang terjadi di kota Payakumbuh, pasien positif setelah berhubungan dengan pedagang di bukittinggi. Atau yang di Padang Panjang.

Sudah seharusnya Pemrov dan Pemko/Pemkab punya strategi lain untuk menekan penyebaran dari transmisi lokal ini. Harus ada langkah tegas dalam pelaksanaan PSBB agar pandemi covid-19 ini bisa berkurang, minimal mereka yang jelas-jelas positif covid-19 wajib di karantina, bukan lagi dibiarkan di isolasi mandiri di rumah. Karena kenyataannya, mereka yang isolasi mandiri ini masih juga berkeliaran di luar rumah.

Memang langkah tegas ini akan menimbulkan pro kontra di lapangan. Paling tidak kontranya soal perut. Tapi kalau ingin pandemi covid-19 ini cepat berakhir, mau tidak mau harus ada langkah yang tegas. (*)

*Penulis: Denni Risman

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.