Senin, 28 September 2020

Dewan Dakwah Bantu WNI Terdampak Lockdown Malaysia

Dewan Dakwah Bantu WNI Terdampak Lockdown Malaysia

Kuala Lumpur, Swamedium.com — Sejak diberlakukannya lockdown 18 Maret lalu oleh pemerintah Malaysia, mayoritas WNI di sana turut menderita. Mereka kehilangan pekerjaan dan sumber penghasilan akibat kebijakan Movement Control Order (MCO) atau pembatasan pergerakan orang.

Padahal, lebih sejuta WNI bekerja di Negeri Jiran. Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, TKI di Malaysia yang terdaftar saja 1,1 juta orang.

“Mengenai WNI kita yang ada di Malaysia memang ini jumlahnya banyak banget. Kalau kita bicara yang documented atau yang tercatat itu ada 1,1 juta. Lalu yang undocumented, yang tidak tercatat itu perkiraan kita dua kali lipat lebih banyak,” ujar Retno dalam diskusi virtual di akun Instagram @Hanummm bertajuk Indonesia dan Dunia di Tengah Pandemi, Rabu (15/4/2020).

Sebelum lockdown, hanya sekitar 62 ribu TKI yang sempat mudik ke Indonesia. Lainnya ”terkunci” di Malaysia.

Bantuan logistik dari pemerintah Indonesia untuk mereka, menurut Menlu RI, baru sebanyak 107.904 paket sembako hingga medio April ini.

Dewan Dakwah yang fungsinya antara lain menjaga NKRI dan Membangun Solidaritas Dunia Islam, turut membantu kesulitan WNI di Malaysia itu melalui Laznas Dewan Dakwah.

Bekerjasama dengan LSM lokal Dana Umat, Perwakilan Laznas Dewan Dakwah di Malaysia memberikan paket sembako untuk WNI yang bermukim di daerah Kajang, Selangor Darul Ehsan.

“Alhamdulillah, untuk tahap pertama sudah kami salurkan bantuan sembako sebanyak 50 paket di Hentian Kajang, Selangor. Paket berisi beras, kurma, sarden dan gula pasir,” tutur Koordinator Perwakilan Laznas Dewan Dakwah di Malaysia, Ferdiansyah Zafruzat, Senin (4/4).

“InsyaAllah program ini akan berlanjut di beberapa tempat yang lain. Mohon doa dan dukungannya,” imbuh Ferdi.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.