Sabtu, 04 Juli 2020

Pasca Ariza Wagub DKI, Adakah Perubahan Politik?

Pasca Ariza Wagub DKI, Adakah Perubahan Politik?

Foto: Tony Rosyid. (dok. pribadi)

Jakarta, Swamedium.com — Anies Baswedan boleh lega. Sekarang tak jomblo lagi. Ariza (Ahmad Riza Patria) telah mendampinginya sejak dilantik oleh Jokowi tanggal 15 April lalu. Anies bisa berbagi kerja. Urusan teknis dan yang ringan, bisa diserahkan ke Ariza.

Dukungan Fraksi Gerindra di DPRD DKI akan makin kuat. PKS? Selama ini PKS selalu konsisten dengan dukungannya terhadap Anies. Gak baper! Karena politik harus disikapi dengan matang.

Dilantiknya Ariza sebagai Wagub DKI nampaknya menjadi berkah. Berkah buat Anies, berkah pula buat warga DKI yang selama ini kehilangan sosok Wagub setelah ditinggal pergi oleh Sandiaga Uno.

Yang menarik justru kalau kita membacanya dalam konstalasi politik nasional. Dalam konteks ini kita dudukkan Ariza sebagai kader Gerindra dan calon gubernur DKI 2024.

Publik melihat bahwa Gerindra sedang bermesraan dengan PDIP. Bahkan rela meninggalkan sekutunya yaitu PKS untuk merajut masa depan bersama PDIP. Masuk koalisi kekuasaan pun atas jerih payah dan kerja keras PDIP. Meski peran Luhut Binsar Panjaitan (LBP) dan Jusuf Kalla (JK) tak bisa dikesampingkan.

Rekruit Gerindra, setidaknya ada dua keuntungan yang didapat PDIP. Pertama, bersama Gerindra, PDIP berharap makin kuat posisinya di depan Jokowi. Ini kepentingan jangka pendeknya. Selama ini publik membaca, ada persaingan ketat antara Megawati dan Luhut untuk memengaruhi, bahkan menguasai istana.

Namun nampaknya LBP, tokoh yang disebut-sebut oleh publik sebagai “The Real Presiden” ini berhasil memenangkan persaingan dengan PDIP.

Mungkinkah akan ada pemakzulan Jokowi oleh PDIP? Bergantung. Sejauhmana eskalasi perseteruan Jokowi-Mega mendapatkan Momentumnya? Terutama ketika terjadi krisis ekonomi. Dan seberapa kuat dukungan partai lain terhadap PDIP? Dalam konteks ini, Golkar, sebagai partai papan atas, punya peran penting. Ingat, politik itu tidak hitam putih. Variabelnya sangat kompleks dan luar biasa dinamis.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.