Selasa, 07 Desember 2021

Satgas Covid-19 AQL Peduli dan PMI Gelar Aksi Donor Darah

Satgas Covid-19 AQL Peduli dan PMI Gelar Aksi Donor Darah

Jakarta, Swamedium.com — Satgas Covid 19 AQL Peduli, salah satu lembaga kemanusiaan di bawah naungan Yayasan Pusat Peradaban Islam (YPPI), bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kegiatan donor darah pada Rabu, 6 mei 2020 mulai pukul 15.30 – 17.30 WIB, di Masjid AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan.

Banner Iklan Swamedium

“Aksi donor darah kali ini untuk membantu persediaan darah di PMI karena kondisi yang sangat menipis, data yang kami terima bahwa di PMI DKI Jakarta saja, kebutuhan perhari 1.200 kantong. Apalagi saat situasi pandemi sekarang ini hanya terpenuhi perhari 100- 200 kantong saja. Namun, kami sangat menjaga Standar Prosedur Operasional dalam kegiatan donor darah pada situasi pandemi Covid 19, demi keamanan bersama,” ujar Edi Sutarto, Ketua Satgas Covid 19 AQL Peduli.

Sebelumnya, Satgas Covid 19 AQL Peduli juga telah melakukan aksi donor darah serupa di Kantor PMI dan di wilayah cabang AQL Islamic Center Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, STIQ Arrahman dan AQL Islamic School. Kegiatan ini berhasil melibatkan warga sekitar dan sukarelawan untuk berpartisipasi.

“Banyak yang bertanya, Apakah bisa donor darah saat puasa? Bisa insyaa Allah dan juga tidak membatalkan puasa. Namun, pastikan sebelum donor darah fisik kita sehat, kuat serta memakai masker saat ke luar rumah. Saat tiba di tempat donor darah, calon pendonor akan di-skrining suhu tubuh, dilanjutkan dengan prosedur disinfektan. Mengisi form self assesment dan tentunya kami juga tetap memberlakukan Physical Distancing,” tambah Edi Sutarto.

Firman Fabi –salah satu aktivis senior di lembaga kemanusiaan AQL Peduli– mengungkapkan, Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan mengingat banyaknya orang yang membutuhkan darah karena berbagai sebab, baik karena sakit atau pun musibah lainnya. Apalagi dalam masa pandemi covid 19 ini masih banyak warga yang perlu diedukasi tentang pentingnya kebutuhan donor darah dan keamanan mendonor bagi tubuh saat berpuasa, semoga lebih banyak lagi lembaga kemanusiaan yang dapat melaksanakan kegiatan seperti ini sesuai dengan standar operasional prosedur yang diberlakukan.

Ajakan untuk berdonor darah disampaikan juga oleh KH. Bachtiar Nasir. “Secara ekonomi mugkin kita sulit bersedekah pada kondisi seperti ini, insya Allah ada cara lain yang lebih hebat dari berinfak uang, yaitu: donor darah. Saudara-saudara kita saat ini sedang membutuhkan darah dan kebutuhan darah saat ini sedang genting. Boleh jadi, ini menjadi sedekah yang terbaik di antara kita, sebab donor darah ini bukan hanya merupakan bentuk syukur kita atas nikmat yang Allah berikan dan bukan sekedar kita akan diberi kesehatan,” kata pria yang karib disapa UBN.

“Boleh jadi ini akan menjadi infak dan sedekah yang sangat luar biasa yang akan diganjar oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dengan pahala yang luar biasa, sehingga banyak orang-orang yang terancam nyawanya selamat karena sedekah donor darah kita semua. Semoga sahabat termasuk yang terpilih untuk bisa mendonorkan darahnya dan menjadikannya jalan takwa dan jalan ampunan buat kita semua,” tambahnya.

UBN memungkasi, “Saya UBN mengajak pada semuanya untuk berdonor darah dibulan Ramadhan ini, Insya Allah tidak mengganggu puasa, Insya Allah tidak mengganggu kesehatan kita, tentu atas ijin dokter dan sesuai SOP di PMI. Wallahu a’lam bish shawaab”.

Sebagai tambahan informasi, aksi ini bisa didukung melalui media sosial dengan hastag: #MasyarakatKreatifBerbagi. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita