Rabu, 03 Juni 2020

6 Pekerjaan yang Paling Berisiko Tertular Covid-19

6 Pekerjaan yang Paling Berisiko Tertular Covid-19

Foto: ilustrasi tenaga medis merawat pasien Covid-19. (Antara)

Jakarta, Swamedium.com — Virus corona kini menjadi ancaman serius, melihat dari jumlah kasusnya serta banyaknya angka kematian yang diakibatkan.

Pemerintah pun telah melakukan berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Seperti dengan social distancing melalui isolasi mandiri di rumah.

Meski begitu tidak semua profesi dan pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Ada juga sejumlah pekerjaan yang berisiko lebih tinggi tertular vidur corona dibandingkan pekerjaan lain. Profesi apa sajakah itu?

1. Tenaga Medis

Dokter, perawat dan tenaga pendukung medis di rumah sakit adalah garda terdepan dalam melawan virus ini. Namun mereka jugalah yang berisiko paling besar tertulari penyakit ini karena mereka setiap waktu melakukan kontak dengan pasien. Sudah banyak diberitakan soal dokter yang ikut tertular bahkan hingga meninggal dunia selama mereka merawat pasien corona.

2. Kru Pesawat Terbang

Setiap hari mereka menjalani perjalanan ke berbagai tempat. Mereka juga harus melayani dan berinteraksi dengan orang yang berasal dari berbagai wilayah. Besar kemungkinan mereka mengalami kontak dengan penumpang yang punya riwayat ke tempat-tempat yang terinfeksi dengan virus ini.

3. Petugas Transportasi Massal

Tentu yang namanya transportasi massal akan dipadati oleh banyak orang setiap harinya. Ribuan orang lalu lalang untuk menggunakan transportasi massal mulai dari kereta, bus hingga MRT. Bukan hanya penumpangnya yang khawatir tertular karena bertemu banyak orang lainnya, para pekerjanya pun punya risiko yang sama bahkan lebih besar.

4. Wartawan

Ini adalah profesi yang juga membuat mereka berada di lapangan untuk mencari berita serta berinteraksi dengan banyak orang. Baik itu dengan narasumber (dari pejabat publik hingga warga) atau dengan sesama rekan wartawan lainnya. 

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.