Rabu, 03 Juni 2020

Terdampak Covid-19, Penghimpunan Donasi Lembaga Sosial Menurun Hingga 50%

Terdampak Covid-19, Penghimpunan Donasi Lembaga Sosial Menurun Hingga 50%

Foto: Ahsin Aligori, peneliti IDEAS.

Jakarta, Swamedium.com — Institute For Demographic and Poverty Studies (IDEAS) melakukan survei yang bertajuk ‘Dampak Covid 19 Terhadap Penghimpunan Donasi di Lembaga Filantropi dan Zakat’ untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pandemik Covid 19 terhadap penghimpunan dana di lembaga sosial.

Survei yang dilakukan terhadap 100 responden ini menggunakan yang bersifat purposive dengan menyebarkan form survei secara online, dimana 49% responden merupakan Pegiat Sosial yang bekerja di lembaga amil zakat, 15,3% bekerja di lembaga yayasan sosial, dan 35,7% bekerja pada bisnis sosial (Social Enterprise).

“Dari survei ini kami menemukan fakta bahwa pandemi Covid 19 berdampak pada menurunnya penghimpunan lembaga secara drastis pada kisaran 20-50%. Bulan Ramadhan yang biasanya terjadi puncak penghimpunan, namun pada tahun ini terjadi sebaliknya,” kata Ahsin Aligori, peneliti IDEAS di Tangerang Selatan, Sabtu (16/5/2020).

Ahsin melihat ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan jumlah penghimpunan lembaga sosial yaitu, pertama terjadinya gejala resesi ekonomi sehingga menurunnya donatur untuk berdonasi dan ini diprediksi akan terjadi sepanjang pandemi.

“Beberapa Lembaga menyatakan bahwa jumlah donasi rata-rata donatur menurun 20%. Sebelumnya rata-rata donatur berdonasi sekitar Rp. 100.000, pada saat ini sekitar Rp 70.000-80.000. Profile donatur di masing-masing Lembaga 70% didominasi oleh donatur kelas menengah sebagai pekerja, karyawan perusahaan dan pebisnis,” ungkap Ahsin.

Rata-rata pertumbuhan penghimpunan ZIS dari Tahun 2002-2019 sebesar 36.2% dengan tingkat pertumbuhan IPI (Indeks Produksi Industri) rata-rata 4.0% per tahun. Jika saat Covid-19 nilai IPI mengalami penurunan -0.8%, diprediksi berdasarkan hasil simulasi bahwa hal ini berdampak pada penurunan penghimpunan ZIS sebesar -43%.

Kedua, berkurangnya donatur karena terdampak PHK. Sangat kecil kemungkinan mereka akan berdonasi kembali. sekitar 32% donatur yang dimiliki oleh Lembaga benar-benar tidak bisa berdonasi dan 60% donatur lebih memilih berdonasi disekitar lingkungan mereka sendiri.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.