Jumat, 27 November 2020

Masjid Nabawi Kembali Dibuka Mulai 31 Mei

Masjid Nabawi Kembali Dibuka Mulai 31 Mei

Foto: Masjid Nabawi (Akun Twitter @hsharifain)

Jakarta, Swamedium.com — Kabar gembira bagi umat muslim yang ada di Madinah. Mulai tanggal 31 Mei 2020, Masjid Nabawi yang semula ditutup untuk umum akan dibuka kembali. Menyusul telah dilonggarkannya kebijakan lockdown atau penguncian wilayah di Arab Saudi.

Sehingga umat Islam bisa kembali beribadah di salah satu masjid terbesar Arab Saudi itu. Tak hanya Masjid Nabawi, beberapa masjid lainnya juga sudah mulai bisa digunakan mulai waktu yang sama.

Breaking news: Gerbang Masjid Al Nabawi, Madinah telah diizinkan terbuka untuk umum dari 8 Syawal 1441 H,” seperti umma kutip dari akun Twitter @hsharifain, Rabu (27/5/2020).

Namun kebijakan ini belum berlaku untuk Masjidil Haram. Di masjid tersebut belum diizinkan untuk melakukan kegiatan ibadah.

Masjid Al Haram, Makkah akan tetap tertutup untuk semua pengunjung sampai pemberitahuan lebih lanjut,” tulisnya lagi.

Arab Saudi mengizinkan pembukaan semua masjid di Kerajaan dan memungkinkan salat berjemaah dan salat Jumat dengan langkah-langkah pencegahan kecuali kota Mekah,” katanya.

Meski telah membuka Masjid Nabawi untuk beribadah, tetapi tetap ada protokol kesehatan yang dijalanlan. Ada beberapa kebijakan yang yang harus dipatuhi oleh jemaah yang akan beribadah.

Penerapan protokol kesehatan masih dalam rangka sebagai upaya pencegahan penularan virus corona jenis baru penyebab Covid-19. Berikut kebijakan yang diterapkan di Masjid Nabawi dan masjid-masjid lainnya yang telah di buka untuk umum di Arab Saudi:

1. Tindakan pencegahan pada salat Jumat

– Membuka masjid 20 menit sebelum salat Jumat dan menutupnya 20 menit setelah salat.

– Khotbah Jumat dengan doa tidak boleh lebih dari 15 menit.

2. Tindakan pencegahan dan pembatasan terkait pembukaan masjid di Kerajaan

– Membuka masjid 15 menit sebelum azan dan menutupnya 10 menit setelah salat

– Mengurangi waktu tunggu antara azan dan ikamah menjadi 10 menit

Oleh Rahmat Allah, masjid-masjid di sekitar Kerajaan akan menghentikan penggunaan kalimat ‘Berdoa di Rumah Anda’ selama azan dari 31 Mei karena masjid akan dibuka,” pungkasnya.

Sumber: Umma

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.