Senin, 06 Juli 2020

Gara-gara Berita, Wartawan Detik Diancam Dibunuh, Ada yang Tersinggung?

Gara-gara Berita, Wartawan Detik Diancam Dibunuh, Ada yang Tersinggung?

Foto: Tjahja Gunawan. (Facebook)

Jakarta, Swamdium.com — Apapun alasannya mengancam membunuh orang lain adalah tindak kejahatan melawan hukum. Lalu mengapa wartawan Detik yang menulis kunjungan Jokowi ke Summarecon Mall Bekasi diancam mau dibunuh ?

Apa salahnya wartawan detik ini ? Tapi siapa sih sebenarnya yang mengancam membunuh itu ? Apakah dia (oknum) pendukung Pak Jokowi atau ada pihak lain yang memang sengaja ingin membuat suasana keruh ? Atau itu cuma trik pihak-pihak tertentu saja, untuk mengalihkan perhatian publik dari persoalan besar bangsa ini.

Lagian sewot amat sih, sampai mengancam mau membunuh wartawan? Apakah ada pihak-pihak yang dirugikan dengan pemberitaan Detikcom? Memang agak susah untuk membuktikan siapa orang yang mengancam akan membunuh, kecuali kalau kepolisian mau melakukan penyelidikan dan penyidikan secara serius dan profesional.

Tapi mari kita uraikan dulu duduk perkara dan kronologi masalah ini. Pada awalnya, Detikcom menurunkan berita pada hari Selasa 26 Mei jam 9.10, dengan judul: “Jokowi Pimpin Pembukaan Sejumlah Mal di Bekasi Siang Ini di Tengah Pandemi”.

Kemudian di hari dan jam yang sama, Detikcom menurunkan berita dengan judul: “Pemkot: Jokowi Siang Ini ke Bekasi Dalam Rangka Pembukaan Mal”. Isi berita ini persis sama dengan judul berita sebelumnya.

Berita tersebut berasal dari informasi yang disampaikan Kepala Sub Bagian Publikasi Eksternal Humas Setda Kota Bekasi. Namun setelah berita tersebut menyebar dan viral, tidak berapa lama kemudian pernyataan Kasubbag Humas tersebut diluruskan oleh atasannya yakni Kepala Bagian Humas Pemkot Bekasi.

Detikcom pun menurunkan berita klarifikasinya dengan judul: “Pemkot Bekasi Luruskan soal Kunjungan Jokowi Cek Persiapan New Normal”. Berita ini dipublikasikan hari Selasa itu juga pada jam 10.42 WIB.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.