Minggu, 29 November 2020

Kualat Pancasila

Kualat Pancasila

Solo, Swamedium.com — Presiden pertama Republik Indonesia jatuh karena tersandung pelanggaran sila ke-1 Pancasila karena mengakomodasi Komunisme dalam Nasakom.

Presiden kedua Republik Indonesia terpaksa mundur di tengah jalan karena melanggar Pancasila sila ke-2 karena banyaknya kasus pelanggaran HAM di masanya.

Presiden ketiga Indonesia juga terpaksa tak bisa melanjutkan masa bakti karena tersandung sila ke-3 Pancasila dengan lepasnya propinsi termuda saat itu, Timor Timur.

Presiden keempat Republik Indonesia terpaksa juga berhenti di tengah jalan karena tersandung sila ke-4 karena tak mau musyawarah dengan lembaga DPR yang dianggapnya seperti anak TK.

Presiden kelima Republik Indonesia pun tak jauh beda. Ia tak bisa melanjutkan karirnya sebagai Presiden setelah tersandung sila ke-5 karena justru menjual salah satu aset terbesar bangsa.

Presiden keenam Republik Indonesia walaupun sukses menyelesaikan waktu 2 periode masa jabatan, tetapi kharismanya meredup setidaknya di dua periode berikutnya. Anak-anaknya pun sejauh ini masih terganjal beberapa kegagalan. Ini disinyalir karena Presiden Keenam melanggar seluruh sila Pancasila.

Kira-kira, Presiden ketujuh kali ini apakah akan kualat lagi dengan Pancasila? Katanya, Pancasila adalah kita. Kita Indonesia, Kita Pancasila. (*)

*Penulis: Ahmad Fikri (Aktivis)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.