Selasa, 07 Juli 2020

Warga Berbondong-bondong Perpanjang SIM, Polri Beri Keringanan Lagi

Warga Berbondong-bondong Perpanjang SIM, Polri Beri Keringanan Lagi

Foto: Ilustrasi SIM. (ANTARA)

Jakarta, Swamedium.com — Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti saat ini membatasi aktivitas masyarakat. Namun ada beberapa kegiatan administrastif yang tetap harus dilakukan, seperti perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Setelah dibuka kembali pada 30 Mei, masyarakat pun berbondong-bondong melakukan perpanjangan SIM. Bahkan mereka tak lagi menerapkan protokol kesehatan di masa PSBB seperti saat ini.

Namun jangan khawatir bagi kamu yang masa SIM habis pada periode antara 17 Maret sampai 29 Mei 2020, Polri memberikan tenggang waktu. Sehingga kamu bisa memperpanjang SIM mulai 29 Juni 2020.

Tujuannya untuk menghindari adanya penumpukan warga yang akan memperpanjang SIM, sehingga tetap bisa menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Dikutip dari http://sim.korlantas.polri.go.id/, berikut cara pengajuan dan syarat perpanjangan SIM,

1. Mengisi formulir pengajuan perpanjangan SIM

2. Kartu Tanda Penduduk asli setempat yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing

3. SIM lama yang masih berlaku

4. Surat keterangan lulus uji keterampilan Simulator

5. Surat kesehatan dari dokter.

Perpanjangan SIM dapat dilaksanakan di Satpas atau tempat pelayanan SIM lain di seluruh Indonesia. Bagi warga DKI Jakarta yang hendak memperpanjang SIM, Polda Metro Jaya menyediakan lima kantor Satpas SIM, termasuk yang berada di Jl Daan Mogot, Jakarta. 

Empat lainnya berada di Kantor Polres Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.

Sumber: Umma

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.