Jumat, 03 Juli 2020

Riau Masuki New Normal dengan Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tertinggi kedua Indonesia

Riau Masuki New Normal dengan Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tertinggi kedua Indonesia

Pekanbaru, Swamedium.com — Provinsi Riau mulai memasuki era new normal. Pasca PSBB berakhir seminggu lalu, jumlah warga terinfeksi virus covid-19 terus menurun. Malah hari ini, Kamis (4/5) tidak ditemukan pasien positif. Tingkat kesembuhan juga sangat tinggi untuk Indonesia, nomor dua setelah Aceh.

Namun, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengingatkan tetap harus waspada di era new normal ini.

Dokter Indra mengatakan bakal ada kasus klaster baru jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan. Hal itu melihat adanya 6 pasien dalam pengawasan (PDP) dari Pekanbaru. Salah seorang dari tiga pasien tersebut, terindikasi bakal menjadi pasien positif Covid-19.

“Saya ada menerima enam orang PDP, dan satu kemungkinan positif Covid-19. Selama belum ada vaksin, maka protokol kesehatan wajib dipatuhi, yang paling penting memakai masker wajib dilakukan,” tegas Indra Yovi.

Walau Riau masuk dalam dua besar pasien terkonfirmasi sembuh dengan persentase yang cukup tinggi, namun, hal tersebut tidak menjadi acuan bagi masyarakat untuk bebas dari Covid-19.

“Dari angka ini memang tentu senang angka kesembuhan meningkat dan sudah di rilis 82,05 persen dengan tambahan pasien sembuh dan pulang, tentu di atas 83 persen angka itu hanya sekadar angka. Bukan berarti menyesatkan kita untuk berhati-hati,” tegas Yovi.

Sementara itu, dari informasi gugus tugas Covid-19, Kamis (4/6/2020), di Provinsi Riau jumlah yang positif Covid-19 sebanyak 126, 99 orang sudah sembuh dan pulang, 12 orang masih dirawat dan 6 meninggal.

Total PDP 1.449 orang, masih dirawat berjumlah 71 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.219 orang, dan PDP meninggal dunia berjumlah 157 orang.

Total OD 69.626 orang, masih dalam pemantauan 5.462 orang dan yang selesai pemantauan berjumlah 64.164 orang. (*/dr)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.