Senin, 06 Juli 2020

Catatan Hari Naksah 53 Tahun Pendudukan Israel Sejak 1967

Catatan Hari Naksah 53 Tahun Pendudukan Israel Sejak 1967

Jakarta, Swamedium.com — Pada tanggal 5 Juni 1967, Israel melancarkan perang yang mengakibatkan pendudukan Yerusalem Timur, Tepi Barat, Jalur Gaza, Sinai (Mesir) dan Dataran Tinggi Golan (Suriah) dalam Perang Enam Hari. Palestina menyebutnya sebagai Hari Naksa.

Naksa atau kemunduran, mengacu pada Perang Enam Hari tahun 1967 tersebut.

Setelah 19 tahun sebelumnya terjadi tragedi yang disebut Hari Nakba (pengusiran), pada tanggal 15 Mei 1948.

Perang itu membuat Israel mengabaikan batas-batas Garis Hijau yang disepakati sebelumnya, yang dibuat pada gencatan senjata 1949 antara Israel, Mesir, Yordania, Lebanon dan Suriah.

Sejak saat itu, Israel yang didukung kuat oleh Amerika Serikat, memberlakukan pendudukan militer di Tepi Barat dan Jalur Gaza  serta menganeksasi Yerusalem Timur, dan mengendalikan sekitar satu juta warga Palestina.

Meskipun Presiden AS saat itu, Lyndon B. Johnson (menjabat 1963-1969) mendesak kedua belah pihak agar tidak menyerang. Namun Israel secara masif memulai pengeboman udara ke wilayah Mesir pada 5 Juni, dengan 200 jet menyerang 18 lapangan terbang, menghancurkan hampir 90 persen dari angkatan udara Mesir. Kemudian menyerang Yordania, Irak, dan Suriah.

Tank-tank dan pasukan Israel merangsek memasuki Semenanjung Sinai dan Jalur Gaza. Sementara tentara Mesir berusaha mempertahankan tanah mereka. Yordania pun melancarkan serangan yang menghadap ke Yerusalem selatan. Namun kedua negara itu terpaksa mundur.

Pasukan Israel pun mencapai Dataran Tinggi Golan pada 9 Juni dan merebutnya pada hari berikutnya. Pada 10 Juni, Israel menerima gencatan senjata PBB dan perang berakhir.

Israel secara sepihak segera mulai membangun pemukiman di Tepi Barat, Sinai dan Dataran Tinggi Golan.

Israel kemudian menarik diri dari Sinai pada tahun 1982 dan dari Gaza pada tahun 2005, meskipun tetap mempertahankan kendali atas perbatasannya.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.