Senin, 13 Juli 2020

Doa sebagai Sarana Menggapai Rida Allah

Doa sebagai Sarana Menggapai Rida Allah

Foto: Ustaz Bachtiar Nasir.

Jakarta, Swamedium.com — Sebagai hamba Allah, sudah seharusnya berdoa kepada-Nya. Dalam suatu hadits disebutkan bahwa Allah Marah kepada orang yang tidak mau memohon kepada-Nya. Sabda Nabi:

إِنَّهُ مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللَّهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ

“Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.” (HR. Tirmidzi).

Dalam kitab “Mirqaat al-Mafaatih” (IV/1530), diterangkan alasan mengapa Allah sampai marah, karena tidak memohon, meminta atau berdoa kepada Allah merupakan bentuk kesombongan dan tak butuh kepada-Nya. Sedangkan yang dimaksud dengan marah di sini adalah hendak menimpakan sanksi kepadanya.

Jadi, marah Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu kalau kita tidak berdoa. Maka dari itu, orang yang terlalu bersandar pada ikhtiar keduniaan cenderung putus asa.. Tetapi bila diiringi dengan doa, dia cenderung sabar.

Sampai disini, rida Allah Subhanahu Ta’ala terletak pada permohonan kepada-Nya, bukan kepada ikhtiar dan takdir. Bagi kita yang sedang mencari rida Allah Subhanahu Wa Ta’ala misalnya dengan berdoa, “Ya Allah, aku bermohon kepada Engkau, berikanlah aku rida-Mu!”

Mau rida nya Allah Subhanahu Wa Ta’ala? Takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah permulaan. Cinta, sebagian ulama mengatakan posisinya di tengah. Sedangkan yang paling tinggi adalah rida-Nya Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di mana letaknya rida Allah Subhanahu Wa Ta’ala? Yaitu pada permohonan dan ketaatan kita kepada-Nya. Semakin kita banyak memohon dan banyak melakukan ketaatan, itulah cara paling hebat meraih rida Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bukan sekedar meeting, tinjau sana, tinjau sini, tanpa doa tidak akan mungkin..

Saya pernah bilang ke anak saya, “Nak! kalau kamu naik gunung, Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam menganjurkan membaca: Allahu Akbar. Kalau turun, ucapkan: Subhanallah Di situ ada malaikat gunung, dia akan menunjukkan jalanmu.”

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.