Senin, 26 Oktober 2020

New Normal, Antara Covid-19 dengan Keselamatan Jalan

New Normal, Antara Covid-19 dengan Keselamatan Jalan

Foto: Petugas PSBB menegur anggota polisi yang tak memakai masker. (Foto: Antara)

Jakarta, Swamedium.com — Masyarakat makin lama makin ‘imun’ dengan informasi jumlah korban meninggal terpapar Covid-19 yang mencapai hampir 3000 jiwa atau sekitar 25-an jiwa per hari sejak 4 bulan lalu, saat pertama kali kasus positif Covid resmi diumumkan Pemerintah.

Masuki transisi new normal, masyarakat yang ter-“lockdown” hampir 4 bulan lebih eforia, bersikap sama seperti sebelum pandemi melanda bahkan lebih dari itu. Kondisi lalu lintas yang sepi saat “lockdown kini kembali seperti biasa, macet, saling serobot. Nongkrong² seperti dulu, kumpul² bersama teman dan keluarga seperti biasa, bahkan konser musik pun sudah ada yang menggelar.

Terkesan tak ada yang was-was dengan virus yang berasal dari negeri china itu.
Mereka hanya tertib di tempat² yang petugasnya tegas menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya ini yang saya amati.

Hal ini mirip yang terjadi dengan KESELAMATAN JALAN (ROAD SAFETY) di RI. Dahsyat jumlah korban meninggal akibat “road crash” di negeri tercinta ini. Masyarakat juga sudah sangat kebal atau imun menerima informasi atau berita kecelakaan lalu lintas.

Padahal, jumlah korban meninggal lakalantas jauh lebih dahsyat, 70-an nyawa hilang per hari atau sekitar 3 nyawa per jam di jalanan raya negeri tercinta ini. Tak ada status bencana nasional, tak ada badan khusus keselamatan jalan apalagi gugus tugas.

Saat di jalan raya, mereka berkendara asal bisa ngegas dan ngerem. Padahal berkendara berbeda dengan berlalu lintas. Banyak orang bisa berkendara tapi tidak dibarengi dengan pemahaman berlalu lintas. Mereka hanya tertib saat ada polisi. Mereka juga seperti takut jika razia digelar. Broadcast pun beredar supaya masyarakat siapkan surat surat. Tak peduli hoax atau bukan. Padahal kalau terbiasa bawa surat kendaraan, biasa tertib, tidak perlu ada ‘ketakutan’ seperti itu.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.