Senin, 03 Agustus 2020

Tak Perlu Menggurui Gontor

Tak Perlu Menggurui Gontor

Foto: Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor

Klaten, Swamedium.com — Tak perlu menggurui Gontor, karena jauh sebelum negeri ini lahir Gontor sudah mendidik bangsa ini hingga melahirkan tokoh-tokoh besar!

Berbagai peristiwa besar sudah dilalui oleh Pondok Modern ini dan Gontor selalu tampil memberi solusi. Tirakatan, hidup sederhana dan menjauh dari gemerlap dunia adalah nafas perjuangan mereka. Manajemen wabah dan epidemi telah menjadi kurikulum dasar mereka, tak perlu kalian ajari!

Jangankan ancaman kematian karena pandemi, ancaman pembunuhan dan pembantaian karena pengkhianatan PKI pernah mereka lalui, jauh sebelum kalian menetas menjadi manusia. Bahkan mungkin, jauh sebelum kalian menjadi mani di punggung ayah kalian.

Gontor bukan model pesantren by request yang menuruti apapun usulan dan saran wali santri. Meskipun bisa jadi wali-wali santri itu para praktisi pendidikan, namun belum tentu mereka faham seluk-beluk dunia pesantren. Mungkin mereka menguasai berbagai methode pembelajaran namun belum tentu mereka faham bagaimana menanamkan adab dan budi pekerti kepada santri.

Maka saat para praktisi pendidikan, termasuk Menteri Nadiem seolah ijma’ secara nasional untuk melakukan pembelajaran secara jarak jauh, Gontor ‘ngotot’ dengan prinsipnya; tidak mungkin akhlaq, adab dan tauhid bisa ditransfer lewat internet. Tidak mungkin kedisplinan dan keteladanan bisa diajarkan via dunia maya. Tidak mungkin a’mal yaumiyah bisa dikontrol via medsos. Ini yang tak difahami oleh banyak kalangan, termasuk Mas Menteri.

Rupanya banyak yang gerah dengan sikap Gontor. Dicarilah kesalahan dan di-tunggu-lah momentum yang tepat untuk menyerang Gontor.

Saat ditemukan salah satu wali santri asal Sidoarjo positif Corona, maka semua media menyalak tak karuan; anaknya pasti positif juga. Hampir semua media massa mem-blow up isu ini, seolah mereka mendapatkan senjata pamungkas. Gontor pasti tumbang.

Pages: 1 2 3

Related posts

6 Comments

  1. Anonim

    Semakin tinggi pohon maka semakin besar angin yang menerpa, mungkin itu istilah yang tepat untuk Pondok Gontor saat ini. Dengan ikhtiar yang tanpa pamrih keduniaan (keikhlasan), maka secara logika dan rohani pasti akan dibukakan solusi yang tepat.

    Reply
  2. Anonim

    Insya Allah Gontor mampu menghadapi masalah ini dengan baik. Ruh ikhlas para pendiri Gontor dan penerusnya akan senantiasa menjadi tameng terhadap berbagai pihak yang ingin merusak Gontor. Gontor, teruslah berkiprah….

    Reply
  3. Anonim

    Insya Allah Gontor mampu menghadapi masalah ini dengan baik. Ruh ikhlas para pendiri Gontor dan penerusnya akan senantiasa menjadi tameng terhadap berbagai pihak yang ingin merusak Gontor. Gontor, teruslah berkiprah….

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.