Sabtu, 08 Agustus 2020

Memakmurkan Masjid, Poros Istiqlal dan Aya Sofya

Memakmurkan Masjid, Poros Istiqlal dan Aya Sofya

Foto: Ustaz Fahmi Salim. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — MASJID Aya Sofya menjadi kebanggaan rakyat Turki, karena sebagai simbol penaklukan dan toleransi. Begitu pula, Masjid Istiqlal bagi umat Islam di Indonesia, merupakan simbol kemerdekaan. Meskipun memiliki aspek historisitas yang berbeda, keduanya disatukan dalam satu semangat ukhuwah islamiyyah untuk meninggikan izzah Islam.

Bangsa kita ternyata memiliki ikatan historis dengan Turki, yang jejak kejayaan peradabannya dibangun pada era Turki Usmani. Saat itu, kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara selain memiliki hubungan perdagangan dengan Kesultanan Usmani, juga memiliki hubungan politik. Fakta sejarah membuktikan, seperti yang diakui oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Kongres Umat Islam ke-6 di Yogyakarta pada 2015, bahwa keraton masih menyimpan bendera hitam dari kiswah Ka’bah bertuliskan *_Laa Ilaaha Illalloh_* dan bendera bertuliskan *_Muhammad Rasul Alloh_* sebagai bukti perwakilan Kekhalifahan Turki Usmani di tanah Jawa.

Dalam sejarah peradaban Islam, pengaruh Turki Usmani begitu besar hinggi ke bumi nusantara. Begitu pula, moment sejarah dibukanya Aya Sofya menjadi masjid seharusnya menjadi energi yang memantik semangat kebangkitan umat, karena semuanya dimulai dari masjid. Sebagaimana Rasululloh shallallahu alaihi wa sallam dahulu menjadikan masjid tidak sekedar untuk ibadah shalat, tapi menjadi pusat kajian ilmu dan peradaban. Di dalam masjid, Rasulullah bermusyawarah dengan para sahabatnya untuk merumuskan strategi politik. Di masjid pula, rasululloh menerima para delegasi dari negeri lain.

Kesamaan semangat inilah, yang disampaikan dua tokoh umat, KH Fathurrahman Kamal Lc, M.Si, Ketua Majelis Tabligh Muhammadiyah dan Ust HM Jazir, ASP, Ketua Takmir Masjid Jogokariyan dalam acara Ngaji Syar’ie (NGESHARE) bareng UFS, “Ngaji Dulu, Alim Kemudian” yang mengangkat tema Memakmurkan Masjid, Poros Istiqlal dan Aya Sofya. Simak selengkapnya di link ini:

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.