Selasa, 29 September 2020

AHY dan Sandiaga: Indonesia Masuk Jurang Resesi

AHY dan Sandiaga: Indonesia Masuk Jurang Resesi

Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono main basket bareng.

Jakarta, Swamedium.com – Sejumlah tokoh dan lembaga meyakini Indonesia akan memasuki zona resesi. Baru-baru ini ramalan resesi datang dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan pengusaha yang juga mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno.

AHY, yang juga merupakan putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meyakini Indonesia akan masuk jurang resesi. Dia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 akan minus 5% sampai 7%.

Jika kontraksi pada kuartal II-2020 terkontraksi begitu tajam, maka kata AHY pada kuartal III-2020, pertumbuhan ekonomi juga akan memburuk.

“Kita dipastikan resesi. Kuartal II-2020 itu pertumbuhan minus 5% sampai minus 7%. Demikian di kuartal III-2020 dan kuartal IV-2020 yang kalau berkelanjutan dampaknya akan buruk,” kata AHY dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (3/8/2020).

Lebih lanjut, AHY mengatakan, dirinya bersama Partai Demokrat tidak akan berhenti untuk memberikan masukan dan kritik kepada pemerintahan, yang kaitannya dalam menyelamatkan pasien yang terpapar covid-19.

Menurut AHY, hal-hal yang harus diperbaiki di tengah pandemi saat ini, adalah menyelamatkan terlebih dahulu jiwa manusia dan kelangsungan hidup masyarakat.

Senada dengan AHY, Sandiaga juga meyakini resesi ekonomi akan menghampiri Indonesia. Resesi ini akan diawali oleh pengumuman BPS pada 5 Agutus 2020 tentang Pertumbuhan Ekonomi kuartal II-2020.

“Resesi sebentar lagi masuk Indonesia. Tanggal 5 Agustus akan ada pengumumannya,” ujar Sandiaga di laman Facebooknya.

“Ancaman resesi akan semakin nyata jika peningkatan jumlah kasus baru covid-19 tak bisa ditekan. Di kuartal II-2020 ini, saya prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia berpotensi besar mengalami kontraksi bahkan hingga -6% jika sektor konsumsi belum pulih karena pelemahan daya beli masyarakat,” lanjutnya.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.