Minggu, 29 November 2020

Hina Marga Silaban, Akun Facebook Tiger Wong Dilaporkan ke Polisi

Hina Marga Silaban, Akun Facebook Tiger Wong Dilaporkan ke Polisi

Jakarta, Swamedium.com – Perwakilan Marga Silaban, Darwin Silaban resmi melaporkan pemilik akun Facebook ‘Tiger Wong’ ke Polda Metro Jaya, Selasa sore (11/8).

Menurut Darwin akun tersebut diduga telah menyebarkan informasi serta ujaran kebencian terhadap individu atau kelompok melalui media sosial ‘Facebook’ yaitu dengan menghina Marga Silaban.

“Sekitar pukul 1 pagi (01.00 WIB) ada kita lihat di akun Facebook komunitas Batak Sedunia pengguna akun Facebook yang namanya Tiger Wong melakukan penghinaan terhadap marga Silaban,” kata Darwin saat melaporkan hal itu ke SPKT Polda Metro Jaya.

Berikut nomor laporan Polisi yang diterima oleh perwakilan marga Silaban, LP/4754/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ/Tanggal 11 Agustus 2020.

“Jadi ada yang dia bilang dikatakan marga silaban ini adalah keturunan “an*ng” dan anaknya “an*ng” (nama binatang). Itulah makanya kita dari perwakilan marga silaban membuat laporan ke polisi,” bebernya.

Kepada wartawan, Darwin yang juga berprofesi sebagai advokat (pengacara) mengungkapkan bahwa pihaknya tidak mengetahui latarbelakang atau yang mendasari pemilik akun tersebut mengatakan hal yang dinilai tidak pantas sehingga mendapatkan respon dan memancing amarah dari perkumpulan marga Silaban.

“Kurang lebihnya kita sih tidak tau ya, tetapi begitu diselidikin kayak ada bersinggungan ketika memang saudara tiger wong ini mungkin dia share langsung dan ada yang ke marga Silaban juga. Dan Silaban itu mungkin dia komen, tetapi setelah itu kita dibawa-bawa,” terangnya.

Atas penghinaan yang dilakukan pemilik akun Facebook ‘Tiger Wong’ itu, lanjut Darwin, marga Silaban tidak terima dan menempuh jalur hukum.

“Kita perwakilan marga Silaban menempuh jalur hukum, terlapor dalam lidik pihak kepolisian. Dan berharap agar terlapor segera ditangkap,” lugas Darwin.

Adapun barang bukti yang telah diserahkan kepada polisi, terdiri dari bukti video dan potongan tampilan pemilik akun tersebut saat mengatakan nada atau ujaran kebencian.

“Barang bukti screenshot dan video yang mengatakan bahwa keturunan marga Silaban keturunan an**ng. Lebih kurang ada 6-7 lembar tulisan dan video,” ujarnya.

Darwin juga mengatakan, pihaknya sudah melaporkan hal tersebut kepada ketua marga Silaban di seluruh provinsi Indonesia dan dunia, agar menempuh proses hukum, dan mengajak seluruh marga Silaban untuk menghindari keributan.

“Mengajak seluruh marga Silaban yang ada di Indonesia dan seluruh dunia untuk tidak bertindak represif. Supaya tidak ada yang merugikan diri sendiri, juga termasuk marga Silaban dan menyikapi masalah ini dengan kepala dingin,” tandasnya.

Pemilik akun tersebut terancam pidana pasal 28 ayat 2 Jo pasal 45 A ayat 2 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.