Kamis, 24 September 2020

Jaringan Pewarta Indonesia Jalin Kerjasama Jurnalistik dengan Forsi Himmpas

Jaringan Pewarta Indonesia Jalin Kerjasama Jurnalistik dengan Forsi Himmpas

Depok, Swamedium.com — Jaringan Pewarta Indonesia (JPI) dan Forum Silaturahmi Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Indonesia (FORSI HIMMPAS INDONESIA) akan melakukan kerjasama jurnalistik. Kerjasama itu bakal mewujudkan karya jurnalistik yang merupakan perpaduan di bidang literasi dan digitalisasi.

Saat audiensi via online, JPI yang diwakili oleh Muhammad Ikhsan (Ketua Umum) dan Adhes Satria (Sekjen), dan FORSI HIMMPAS INDONESIA, sepakat untuk bekerjasama dalam bentuk pelatihan jurnalistik atau mempublikasi berita atau artikel ke media-media yang tergabung dalam Jaringan Pewarta Indonesia. Juga mensyiarkan Islam dan membumikan Forsi HIMMPAS.

Adapun bentuk kerjasama itu diharapkan terjadi simbiosis mutualisme, saling mendukung dan menguntungkan. Media yang tergabung dalam JPI ke depan menjadi media partner atau kemitraan kedua lembaga. Selanjutnya, mempublikasi berita berupa press release atau opini (atas nama lembaga) atau pribadi.

“Kerjasama itu tidak hanya literasi, tapi juga digitalisasi (youtube dll). Jadi memadukan antara literasi dan digitalisasi. Termasuk mengembangkan minat jurnalistik, baik dalam pelatihan video, maupun editing video lewat handphone, misalnya. Di bidang literasi, akan ada panduan atau arahan bagaimana sebuah tulisan layak dimuat di media,” kata Sekjen JPI, Adhes Satria, Ahad lalu (9/8).

Lebih lanjut, Adhes dan Ikhsan mengatakan, diperlukan konsep dan perencanaan tulisan yang dikirim ke media. Redaksi berhak menolak atau mengedit tulisan sebelum dipublish, berdasarkan kebijakan redaksi masing-masing media.

“Teman-teman bisa menyesuaikan tulisan atau konten berdasarkan rubrikasi yang tersedia. Jika sudah dipublish, diharapkan menyebarkan link tulisan ke grup-grup WA ataupun sosial media,” tandas Adhes.

Untuk follow up nya, tiap wilayah bisa menjadi kontributor dan membesarkan media kita bersama. Upayakan untuk mengirim tulisan atau press release setiap minggunya secara berkesinambungan sesuai perencanaan tadi.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.