Jumat, 27 November 2020

Peringati Kemerdekaan RI, Ratusan Penggemar Mobil Retroklasik Hadiri ‘Kumbar Merah Putih’

Peringati Kemerdekaan RI, Ratusan Penggemar Mobil Retroklasik Hadiri ‘Kumbar Merah Putih’

Bekasi, Swamedium.com – Pandemi Covid-19 yang merebak sejak akhir Februari 2020 hingga kini, telah membuat banyak industri hingga dunia hobi memilih untuk ‘tiarap’ dan menjauhkan diri dari segala potensi yang bisa menyebabkan penyebaran virus Corona ini lebih massif. Termasuk kendaraan hobi yang banyak diistirahatkan pemiliknya tinggal di garasi.

Seiring perubahan konstelasi pandemi dari Pemerintah yang mengubah dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal, dengan membuka keran lebih longgar terhadap aktivitas berbagai aspek sosial-ekonomi, membuat proses kehidupan normal mulai kembali bergerak dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (membawa hand sanitizer).

Pergerakan kembali kenormalan baru ini yang juga ditunjukkan komunitas pecinta otomotif roda empat yang menyukai mobil built up dan klasifikasi retroklasik. Memanfaatkan momentum yang lama tidak bertemu, Kedai Built Up menggelar acara yang sudah sering digelar yakni Kumpul Bareng (Kumbar) Merah Putih 2020.

“Acara Kumpul Bareng ini sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 Tahun. Jadi temanya kami tambah Merah-Putih,” ujar Helmi Sarosa selaku Founder Kedai Built Up. Menurutnya, sesuai ketentuan New Normal, acara ini dikemas memperhatikan regulasi AKB yakni penerapan 3M; Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan. “Selebihnya kami keluarkan 10 komitmen bersama kami untuk acara ini guna menunjukkan kita sebagai pribadi dewasa yang bertanggung jawab.”

Kumbar yang berlangsung di Grand Kota Bintang, Kalimalang, Bekasi, pada Minggu (16/8/2020) berlangsung meriah. Menurut estimasi Helmi, yang hadir mencapai lebih dari ratusan mobil hobi aneka merek, dari yang built up, rare, hingga retro-klasik. Turut hadir pula Komisaris Jenderal (Purn.) Drs. Nanan Soekarna di acara tersebut yang mengendarai Mercedes-Benz SL-320.

Sejumlah klub atau komunitas mobil juga turut hadir meramaikan acara. Seperti kehadiran Wisanggeni Garage, Gazpoll Racing Team, PPMKI, Volvo Club of Indonesia, Yan’s Car Collection, 602cc, Forkom Peugeot Indonesia, BMW-CCI, BimmerBenz Indonesia, Auto Retro Community, Indonesia Peugeot 406 Community, Mazda 323 Indonesia, Indonesia Starlet Club, Mitsubishi SL Bekasi, Bonjer Classic Car, Mazda Familia/Lantis Indonesia, dan sebagainya.

“Acara ini ibarat penghibur sekaligus penyegar buat yang hadir setelah sekian lama kita bertahan di rumah karena pandemi. Momentumnya pas buat kumpul bersama, manasin mobil, sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kita berkumpul mempertemukan mobil kesayangan sambil tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Kondang Sutrisno, Founder Wisanggeni Garage yang juga Ketua Umum Pedalangan Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Atje, Ketua Umum Forum Komunikasi Peugeot Indonesia. Bersama komunitasnya, Kumpul Bareng di masa New Normal ini merupakan seperti penyemangat untuk bisa kembali beraktivitas dengan semangat baru. “Kami turut ramaikan ajang silaturahmi ini setelah sekian lama berdiam di rumah. Saya rasa semua senang dan tetap harus waspada dengan tetap melakukan protokol kesehatan. Ini juga jadi bentuk kekompakan kita menyambut new normal,” ucap Atje.

Seperti biasa, acara Kumbar ini diisi dengan silaturahmi antar-komunitas, obrolan santai tentang teknis dan perbaikan hingga perawatan kendaraan klasik dan built up, cek kendaraan, obrolan jual-beli, hingga foto dan makan penganan kecil bersama yang disediakan Wisanggeni Garage. Berbagai jenis mobil langka turut hadir, seperti Mercedes-Benz SL320, Ford Mustang, VW Beetle Cabriolet, VW Karmann Ghia Cabriolet, BMW Seri-3 Station Wagon, Toyota Corolla Station Wagon, dan sebagainya.

“Harapannya acara ini bisa berlangsung terus karena bisa turut melestarikan keberadaan mobil yang rare di bumi Indonesia ini, seperti mobil built up, klasik, hingga mobil hobi lainnya yang sudah jarang berseliweran di jalan raya. Ini kan bagian dari sejarah otomotif. saya yang baru turut meramaikan Kumbar kali ini berharap bisa hdir lagi di acara berikutnya,” imbuh Kondang.

Sumber: Drivenhype.com

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.