Selasa, 29 September 2020

Pilih Mana, IHSG atau Nyawa Manusia?

Pilih Mana, IHSG atau Nyawa Manusia?

Jakarta, Swamedium.com — Mana Lebih Penting :

Menyelamatkan Nyawa Manusia atau Indeks Harga Saham. ????!!!!!

Lagipula, penurunan IHSG tidak serta-merta bisa disimpulkan akibat PSBB di Jakarta.

Perhatikan:

Kejatuhan IHSG bisa saja dipicu oleh pencekalan 56 negara atas Indonesia karena penanganan covid19 yang buruk

Kejatuhan IHSG bisa juga karena kondisi ekonomi makro Indonesia yang tidak kunhung membaik

Kejatuhan IHSG bahkan bisa dipicu aksi jual massif oleh investor yang memang masih khawatir akan kondisi covid dan ekonomi Indonesia dan berniat tarik untung dari kenaikan IHSG sejak alhir Maret 2020

PSBB sendiri adalah tindakan darurat yang mau tidak mau harus dilakukan untuk mencegah makin parahnya penyebaran covid19 dan bertambahnya kematian rakyat

Kalaupun IHSG jatuh karena penerapan ulang PSBB, itu tidak berarti PSBB nya salah. PSBB adalah tindakan darurat yg harus dilakukan, dan kejatuhan IHSG adalah efek sampingnya. Ibarat obat yang mau tidak mau harus dimakan walaupun ada efek sampingnya mual atau pusing.

Kalau mau mencari sesuatu untuk disalahkan, lihatlah penanganan Covid19 di Indonesia yang sejak awal setengah hati, setengah main-main, setengah meremehkan bahayanya, dan selalu dinomerduakan di bawah kepentingan politik dan ekonomi.

Kerusakan ekonomi adalah akibat langsung dari merebaknya wabah covid yang tidak ditangani secara proper. Keruntuhan ekonomi ini tidak terjadi di negara-negara lain yang sejak awal serius dan sepenuh hati berusaha menangani covid sehingga kasus covidnya mulai reda.

Kalau anda jorok sehingga kena disentri dan anda harus diopname di RS lalu toko anda terpaksa tutup sementara, yg salah itu makan joroknya, bukan opnamenya.

*Penulis: Tjahja Gunawan (wartawan senior)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.