Selasa, 29 September 2020

Lakukan Ini Jika Ingin Atasi Pandemi

Lakukan Ini Jika Ingin Atasi Pandemi

Foto: Politisi PKS, Mardani Ali Sera.

Jakarta, Swamedium.com — Bismillah, beberapa minggu ini Covid-19 semakin tidak terkontrol. Pemerintah perlu melakukan terobosan. Menerapkan norma hidup yang baru sampai menerbitkan kebijakan yg scientific based merupakan 2 hal yang wajib dilakukan

Terkait norma hidup baru, menjaga kesehatan melalui budaya hidup bersih diiringi dgn olahraga & pola makan yg baik hrs digencarkan. Memakai masker dan jaga jarak jadikan sebagai suatu kebiasaan. Secara tdk lsg norma baru mengajarkan kita lbh islami krn kesehatan & produktivitas adl asas Islam. #NewNorm

Selanjutnya arah kebijakan yg scientific based hrs dilakukan, tdk ada tawar menawar. Jgn seperti awal Covid-19 melanda, terlalu menyepelekan, terlihat dari statement maupun kebijakan yg diambil. Imbasnya, ibarat atap rumah yg telanjur bocor, pemerintah terlihat gelagapan mengatasinya. Juga, law enforcement yang membawa efek jera bagi pelanggar.

Pandemi Covid-19 memaksa kita utk kembali pada kekuatan ilmu, ketekunan riset dan pengembangannya. Hal yg baik dan sehat bagi Indonesia. Pemerintah bisa memulainya dgn membuka ‘keran’ seperti bursa saham, setidaknya utk dua hal; Bursa UMKM dan Bursa Peneliti.

Utk bursa UMKM, ini memberi peluang bagi UMKM kita utk mendapatkan modal murah dan mudah melalui investor. Selanjutnya tugas pemerintah untuk meng-kurasinya (menyeleksi dan mengaudit mana UMKM yg layak jual).

Apa yg dilakukan di UMKM bisa diterapkan di bidang penelitian. Pemerintah menyediakan modal awal bagi para peneliti dr 0 -10% agar dijadikan produk, sedangkan utk 10% ke atas dilelang di Bursa utk pendanaannya. Sama seperti bursa UMKM, tugas pemerintah meng-kurasi mana penelitian yg baik.

Terakhir, jika dua hal tsb dijalankan; New Norm dan Oposisi Konstruktif Saintifik. InsyaAllah kebijakan2 kita hasilkan akan tepat guna & memberdayakan. Tetap patuhi protokol kesehatan & terus berdoa agar pandemi ini cepat berlalu. (*)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.