Sabtu, 16 Januari 2021

Korea Selatan bagikan vaksin, 13 jiwa meningal

Korea Selatan bagikan vaksin, 13 jiwa meningal

Korea Selatan, Swamedium.com-Rencana pemberian vaksin dalam mencegah penyebaran virus covid-19, yang akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia kepada seluruh masyarakat, mulai menimbulkan dampak yang cukup menakutkan.

Banner Iklan Swamedium

Dilansir dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap, (22/10) telah melaporkan adanya penambahan empat orang meninggal setelah divaksinasi dengan vaksin flu dalam pencegahan virus Covid-19 di negara Korea Selatan (Korsel).

Merujuk pemberitaan Yonhab, awalnya, jumlah warga yang meninggal sebanyak sembilan jiwa.

Korsel, menjadi salah satu negara yang aktif melakukan penanganan wabah virus corona.

Salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan vaksin flu sebagai peningkat daya tahan tubuh warganya di tengah pandemi.

Upaya Korsel untuk menambah daya tahan atau imunitas warganya atas pandemi covid-19 dengan pemberian vaksin flu terhadang setelah jumlah warga Korsel yang meninggal dunia usai menerima vaksin flu bertambah menjadi 13 jiwa.

Dengan bertambahnya jumlah korban berakibat meningkatkan kekhawatiran mengenai keamanan pemberian vaksin flu tersebut.

Meski ada penambahan korban jiwa, otoritas kesehatan Korsel menyebut belum ada rencana menangguhkan vaksinasi flu terhadap 19 juta jiwa.

Upaya ini dilanjutkan karena dari investigasi awal tidak ada keterkaitan antara kematian penerima vaksin dengan vaksin itu sendiri.

Dikutip dari Reuters, (22/10), seorang pejabat Korsel menyebut, tidak ada zat beracun dalam vaksin flu.

Meski begitu, program vaksin flu Korsel sempat ditangguhkan selama tiga pekan, menyusul ditemukannya lima juta dosis vaksin yang terpapar suhu ruangan.

Untuk menjaga suhu vaksin, vaksin seharusnya dalam kondisi beku. Diduga vaksin-vaksin terpapar suhu ruangan saat akan didistribusikan ke fasilitas medis.

Pemerintah Korsel memperluas program vaksinasi flu dengan tujuan mencegah komplikasi terkait pandemic corona atau COVID-19.

Sejak 13 Oktober, ada 8,3 juta warga Korsel menerima vaksin flu. Kurang lebih 350 penerima vaksin merasakan reaksi tidak baik usai divaksin.

Lalu kembali lagi, bagaimana pemerintah Indonesia dalam persiapan menangani vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat.

Pemerintah seharusnya sudah menyampaikan bahwa serius dan menjamin fasilitas medis dalam menjaga vaksin tetap aman, sebelum memberikannya kepada masyarakat.

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita