Senin, 18 Oktober 2021

PP Muhammadiyah akan wacanakan menarik dana dari Bank Konvensional dan Syariah

PP Muhammadiyah akan wacanakan menarik dana dari Bank Konvensional dan Syariah

Ketua Bidang Ekonomi, Dewan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas

Jakarta, Swamedium.com – Tiga bank syariah milik anak usaha milik BUMN, dilebur jadi satu, PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) baru diresmikan. Kemudian umumkan nama nama, komisaris utama, para komisaris dan direksi serta DPS PT BSI hasil merger.

Banner Iklan Swamedium

Menanggapi komposisi berbagai formasi itu, Ketua Bidang Ekonomi, Dewan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas merespon dengan akan mempertimbangkan untuk menarik seluruh dana dari tiga Bank Syariah milik anak usaha BUMN.

Menurutnya, Muhammadiyah akan mempelajari dengan seksama setelah mengetahui hasil dari komposisi diberbagai formasi, dari komisaris, direksi dan DPS PT Bank Syariah Indonesia hasil merger yang baru diumumkan.

“Untuk itu mungkin sudah waktunya bagi Muhammadiyah tidak lagi perlu mendukung Bank Syariah Indonesia milik negara tersebut sehingga mungkin sudah waktunya menarik dan mengalihkan semua dana yang ditempatkan di bank tersebut,” katanya dalam pernyataan, pada Selasa (15/12/2020).

Seperti yang diketahui, salah satu visi Muhammadiyah yakni fokus konsentrasinya dibidang pemberdayaan ummat, seperti pendidikan, kesehatan dan sosial ekonomi. Terlebih Muhammadiyah mempunyai komitmen untuk memajukan ekonomi umat lewat Baittul Mall Wa Tamwil, Ziswaf, dan usaha usaha mikro dan menengah masyarakat demi melayani ummat.

Lebih dari itu, ia, menyampaikan agar PP Muhammadiyah mempunyai satu tim khusus yang berisi para ekonom yang memang ahli keuangan, para bankir, mantan para regulator, yang bertujuan untuk mempersiapkan penarikan seluruh dana ummat yang dihimpun oleh Muhammadiyah yang disimpannya di Bank Bank Syariah milik anak usaha BUMN.

Terlebih saat ini tiga Bank Syariah milik anak usaha BUMN telah dilebur menjadi satu yakni Bank Syariah Indonesia, supaya dana Muhammadiyah dapat dialihkan ke Bank Syariah mitra yang baru.

“Bank yang mau memiliki komitmen bersama muhammadiyah untuk membantu memajukan ekonomi umat atau rakyat dan UMKM,” harapnya. (Jok)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

2 Comments

  1. Anonim

    Assalamu’alaikum wr wb
    Sekadar saran, apakan memungkinkan jika Muhammadiyah memilik Bank Syariah sendiri? Bank Syariah Muhammadiyah (BSMD)… Sahhalallah wa kataballahu lakumun-najah… aamiin

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita