Jumat, 05 Maret 2021

Hasil tes Covid di Indonesia dan luar negeri berbeda, Ini penjelasannya

Hasil tes Covid di Indonesia dan luar negeri berbeda, Ini penjelasannya

Jakarta, Swamedium.com – Terkait ada nya laporan bahwa sejumlah warga negara Indonesia dinyatakan positif Covid-19 saat tiba di luar negeri. Padahal, hasil tes swab PCR mereka di Indonesia sebelum terbang ke luar negeri menyatakan negatif Covid-19.

Banner Iklan Swamedium

Ahli Biologi dan Molekuler, Ines Atmosukarto, menyatakan ;

“Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang dinyatakan positif Covid-19 meski sempat dinyatakan negatif dalam uji swab PCR dalam waktu hanya beberapa hari bahkan hitungan jam,” ujar Ines senin, (21/1).

Ines, menjelaskan beberapa faktor yang membuat hasil test PCR berubah atau berbeda. Misalnya, ada perbedaan kapasitas antar laboratorium dalam mengoperasikan test PCR.

Ines, mempertanyakan apakah Indonesia memiliki otoritas yang memastikan bahwa kapasitas laboratorium dalam melakukan tes PCR memenuhi persyaratan atau tidak.

“Memang sebaiknya kalau misalnya untuk tes yang diperuntukan untuk ke luar negeri itu perlu mungkin ditentukan lab-lab mana yang berhak mengeluarkan sertifikat,” ujarnya.

Ines, menjelaskan seseorang bisa terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 saat dalam perjalanan ke luar negeri atau beberapa saat sebelum menjalani swab PCR setelah tiba di luar negeri.

“Jadi bisa juga tes itu karena di pas ambang batas dia baru atau belum lama terkena. Tapi yang penting sebenarnya mungkin dari Departemen Luar Negeri perlu penunjukan laboratorium mana yang berhak mengeluarkan sertifikat bagi orang yang ke luar negeri,” ujar Ines. (Depp)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita