Minggu, 11 April 2021

Lakukan Penyelidikan Penembakan KM 50, Begini Temuan Komnas HAM

Lakukan Penyelidikan Penembakan KM 50, Begini Temuan Komnas HAM

Jakarta, swamedium.com – Komnas HAM menyampaikan hasil penyelidikan terbaru dalam peristiwa penembakan yang menewaskan 6 laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek Km 50.

Banner Iklan Swamedium

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengungkapkan tim pencari fakta telah meminta keterangan dari pihak FPI, polisi, masyarakat, dan jasa marga

“Termasuk pemeriksaan CCTV, cek fisik kendaraan (yang berada di lokasi penembakan) di Polda Metro Jaya,” kata Beka dalam jumpa pers di kantornya, Senin (28/12).

Komnas HAM, lanjut Beka, tidak menutup kemungkinan akan memeriksa tambahan dari semua pihak. “Kami anggap keterangannya masih berkembang,” ujarnya.

Anggota tim pemantauan dan penyelidikan kematian 6 laskar FPI itu menyebutkan ada beberapa temuan di lokasi kejadian yakni terdapat 7 proyektil namun salah satunya belum dipastikan.

“Tidak yakin itu peluru atau tidak karena hanya potongan kecil saja. Masih diperlukan uji balistik,” ia menuturkan.

Kemudian Komnas HAM menemukan 4 selongsong peluru, 9 bagian mobil seperti pada bagian sen, 4 CCTV, dua barang bukti lainnya yakni earphone.

“Kami tegaskan temuan-temuan itu akan dikonfimasi ulang. Seperti selongsong peluru harus diuji balistik lagi. Bagian mobil dicek lagi apakah benar itu kendaraan yang dipakai polisi atau anggota FPI?” Beka menegaskan.

Beka mengatakan Komnas HAM menjadwalkan pemanggilan terhadap sejumlah saksi ahli minggu ini.

“Kami minta keterangan ahli balistik, termasuk komposisi logam-logam pada kerusakan di mobil apakah ada bagian yang cacat,” ia menambahkan

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita