Sabtu, 16 Januari 2021

Soal TGPF Laskar FPI, Amien Rais: kita buat sendiri, kalau pemerintah tdak mau.

Soal TGPF Laskar FPI, Amien Rais: kita buat sendiri, kalau pemerintah tdak mau.

Jakarta, Swamedium.com – Enggannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Tim TGPF atas kejadian pembantaian di Tol Jakarta-Cikampek KM 50, tegas melalui Menko Polhukam Mahfud MD, mengutarakan bahwa pemerintak tak akan membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGPF) atas tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI).

Banner Iklan Swamedium

Mahfud mengatakan karena sudah ada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang bergerak mengusut tuntas kematian enam laskar FPI di Jl. Tol Jakarta-Cikampek KM 50 itu.

“Tewasnya enam laskar itu kita akan diselesaikan. Kalau itu ada pelanggaran HAM dari polisi kita akan selesaikan tapi, Pemerintah memang tidak akan membuat TGPF tentang itu,” ujar Mahfud, pada Senin (28/12/2020).

“Karena apa? Karena menurut hukum, pelanggaran HAM seperti itu menurut UU Nomor 26 urusan Komnas HAM,” lanjut Mahfud.

Menanggapi hal itu, pendiri Partai Ummat Amien Rais tetap meminta masyarakat Indonesia tidak putus atas sikap pemerintah tersebut.

Justru, Amien menilai sikap pemerintah tersebut peluang yang sangat bagus bagi publik yang tidak puas untuk tetap membentuk tim TGPF sendiri.

Demikian disampaikan Amien Rais melalui siaran YouTube pribadinya Amien Rais Official, Selasa (5/1/2021).

”Jadi, kita tidak boleh putus asa. Ini ada peluang yang sangat bagus, kita buat fact finding (pencari fakta) sendiri karena pemerintah jelas tidak mau,” jelasnya.

Tokoh reformasi itu pun menghimbau publik untuk tidak takut membentuk tim pencari fakta itu. Sebab, hal tersebut sudah dijamin oleh Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Ini hak penuh warga negara, jadi nggak usah takut, dijamin oleh UUD kita,” terang Amien Rais

Langkah slanjutnya, ucap Amien, tinggal mengumpulkan fakta-fakta di lapangan atau yang diperoleh dari berbagai pihak lalu disusun menjadi narasi secara runut.

“Setelah itu, bismillah niat kita bagus, kita bawa ke united nation (PBB),” pungkas mantan Ketua Umum (Ketum) partai PAN itu. *

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita