Minggu, 07 Maret 2021

Haji Tirta Imbau Warga Pilah Sampah Sejak di Rumah

Haji Tirta Imbau Warga Pilah Sampah Sejak di Rumah

Jakarta – Anggota DPRD Guruh Tirta Lunggana kembali melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda). Kali ini anggota Fraksi PAN itu mensosialisasikan perda nomor 4 tahun 2019 perihal pengelolaan sampah.

Banner Iklan Swamedium

Tirta menjelaskan saat ini debit sampah di DKI Jakarta mencapai 7500 ton dalam sehari. Dengan program pemilahan sampah yang bisa dilakukan warga DKI jakarta maka debit sampah akan berkurang.

“Kalau pemilahan dilakukan dalam tingkat rumah tangga maka debit sampah akan berkurang sebanyak 20-30 persen dari angka yang saya sebutkan tadi,” kata Tirta kepada warga RW 05 Tanah Rendah saat Sosperda akhir pekan kemarin.

Dia menyebut, beberapa jenis sampah ketika diolah maka bisa menghasilkan uang. Dirinya pun meminta warga untuk berkomitmen memilah sampah.

“Bedakan antara sampah yang bisa diolah dan sampah buang,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan sempat bertemu dengan pengusaha UMKM yang menghasilkan uang dari sampah olahan. Mereka berhasil membuat beberapa barang seperti tas dan gagang sapu dan beberapa bahan lainnya.

“Bahkan adapula yang mampu membuat cornblock sampah olahan sampah,” jelasnya.

Oleh sebab itu dia mengatakan jika pihaknya akan membantu warga untuk mendirikan bank sampah. Agar warga tanah rendah memiliki penghasilan tambahan dari hasil memilah sampah.

“Atau nanti kami ajak beberapa UMKM untuk memberikan pelatihan bagaimana mengolah sampah,” tutupnya.

Banner Iklan Swamedium

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita