Jumat, 25 Juni 2021

Lapan, Ajak Masyarakat Saksikan Gerhana Bulan Total

Lapan, Ajak Masyarakat Saksikan Gerhana Bulan Total

Gerhanaa Bulan

Jakarta, Swamedium.com- Fenomena kosmik gerhana bulan total (GBT) akan muncul saat bersaman perayaan Waisak pada Rabu (26/5). Gerhana bulan ini juga dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Banner Iklan Swamedium

Fenomena Gerhana bulan terjadi ketika bayangan bumi menutupi cahaya matahari yang biasanya dipantulkan oleh bulan. Alhasil, bulan tertutupi oleh bumi dilihat oleh pengamat bumi.

Menurut peneliti ahli pertama Pusat Sains Antariksa Lapan RI, Ayu Dyah Pangestu, gerhana bulan total ini sangat sayang untuk dilewatkan karena dapat dilihat di seluruh Indonesia dan bisa disaksikan dengan mata telanjang tanpa perlu alat bantu.

“Gerhana bulan itu fenomena yang aman tanpa alat bantu tertentu. Gerhana matahari ada bahayanya jika tidak menggunakan filter tertentu saat mengamati matahari,” ujar Ayu dalam podcast Lapan RI, Selasa (25/5).

Ada Beberapa mitos yang kerap beredar di masyarakat yakni fenomena gerhana dapat mempengaruhi perilaku hewan dan adanya larangan untuk keluar rumah saat gerhana karena dianggap berbahaya. Berbagai mitos-mitos yang menyertai peristiwaa gerhana tersebut, namun berkat tekhnologi dan ilmu pengetahuan hal tersebut terbantahkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Papar Ayu.

Sementara itu, mengenai pengaruhnya ke pasang surut air laut, Ayu memaparkan bahwa hal ini terjadi bukan karena gerhana, melainkan karena fase purnama. Gerhana bulan total akan berlangsung dengan durasi parsialitas selama tiga jam delapan menit dan 12 detik. Durasi totalitas cukup singkat yakni 18 menit 28 detik.

Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.18.43 WIB. Gerhana kali ini dapat disaksikan ketika bulan terbit dari arah timur-tenggara hingga tenggara dekat konstelasi Scorpius.

Ayu mengajak agar seluruh masyarakat untuk tidak melewatkan fenomena ini. “Karena bumi terus berotasi, gerhana bulan selanjutnya belum tentu bisa dilihat di seluruh wilayah indonesia.” kata Ayu. **

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita