Kamis, 21 Oktober 2021

Hakim Suryaman, Meninggal Dunia Setelah 16 Hari Memvonis HRS 4 Tahun Penjara

Hakim Suryaman, Meninggal Dunia Setelah 16 Hari Memvonis HRS 4 Tahun Penjara

Hakim Suryaman, SH

Jakarta,Swamedium.com-Pada Ahad, 11 Juli 2021, Pengadilan Negeri Jakarta Timur telah mengeluakan pengumuman yang sangat mengejutkan yaitu informasi telah wafatnya Hakim PN Jakarta Timur, Bapak Suryaman, S.H. (Alm) pada hari Sabtu, 10 Juli 2021.

Banner Iklan Swamedium

Teriring doa semoga almarhum mendapat rahmat dan ampunan Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta keikhlasan.

Diketahui Suryaman adalah salah satu hakim dalam kasus tes swab RS Ummi Bogor, dan memvonis hukuman empat tahun penjara untuk dzurriyah atau keturunan Nabi Muhammad SAW itu. 

Selengkapnya, majelis hakim diketuai Khadwanto dan anggota Muarif, Suryaman, Hapsoro, Vicktor, dan M Yusuf.

Wafatnya Suryaman pada hari Sabtu (10/7) itu berarti hanya berselang 16 hari setelah ia dan majelis hakim lainnya menjatuhkan vonis selama 4 tahun penjara yang mana vonis ini dinilai sangat zalim dan tidak adil oleh berbagai kalangan. 

Karena kasus tes swab ini bukan kasus pembunuhan, bukan kasus mengkorupsi uang negara apalagi menjual aset negara, tetapi Habib Rizieq Shihab divonis hukuman begitu berat. 

Pada sidang kasus tes swab di RS Ummi Bogor, Jawa Barat, yang digelar Kamis (24/6) yang dibacakan majelis hakim yang diketuai Khadwanto dan anggota Muarif, Suryaman, Hapsoro, Vicktor, dan M Yusuf, HRS mereka nyatakan bersalah dan divonis selama 4 tahun penjara. 

“Menyatakan terdakwa Rizieq Shihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan, bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan perbuatan dengan menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat sebagaimana dalam dakwaan alternatif primer penuntut umum,” ujar hakim.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama empat tahun,” demikian vonis yang dibacakan.

Mendengar vonis zalim tersebut, Habib Rizieq langsung menyatakan banding. “Dengan ini saya menolak putusan Majelis Hakim, dan saya menyatakan banding,” kata Habib Rizieq tegas.

Usai menyatakan banding, Habib Rizieq menyalami Majelis Hakim satu per satu. Kemudian, ia menyampaikan pesan kepada majelis hakim.

“Insya Allah, kita akan bertemu di pengadilan akhirat nanti,” ujar Habib Rizieq.

Habib Rizieq melanjutkan menyalami penasihat hukumnya, dan menegaskan untuk terus melawan atas kezaliman yang menimpanya.

Habib Rizieq juga menyalami keluarga yang menghadiri persidangan tersebut. Sambil menebarkan senyuman, Habib Rizieq menunjukkan sikap tegar dihadapan keluarga dan pengunjung sidang yang lain.**

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita