Kamis, 05 Agustus 2021

Polisi Tangkap Penipu dengan Modus Pencairan Kredit KTA

Polisi Tangkap Penipu dengan Modus Pencairan Kredit KTA

Jakarta, Swamedium.com – Subdit 4 Siber Polda Metro Jaya berhasil menangkap RAW (35). Dirinya ditangkap setelah melakukan penipuan dengan modus pencairan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Banner Iklan Swamedium

“Pelaku sudah beraksi selama 6 bulan dengan cara melempar secara acak kepada nomor telepon yang ada melalui perangkat khusus, untuk menawarkan kredit tersebut. Jadi dia mengirim menggunakan gateaway seperti ini, tapi di SMS-nya ada nomor lain untuk bisa dihubungi korban, kalau korban terbujuk di situlah dia merayu lagi,” ujar Yusri kepada wartawan, Senin (19/7/2021) di Mapolda Metro.

Yusri mengatakan, tersangka berinisial RAW ini mengaku sebagai pegawai BCA dan menawarkan kredit tanpa agunan padahal BCA tidak pernah mengeluarkan informasi seperti itu. Dia juga menjelaskan selama 6 bulan beroperasi, pelaku telah mengantongi keuntungan sebanyak puluhan juta rupiah.

“Totalnya dari Rp5-10 juta perbulan tergantung dari berapa banyak korban. Karena KTA itu kan sistemnya berpindah dari bank yang satu ke bank lain, seperti misalnya di sini dari CIMB ke DBS dia bisa dapat Rp200-300 ribu sekali perpindahan. Sehingga total selama ini sekitar Rp50 juta,” pungkasnya.

Dengan maraknya kasus ini, Yusri mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan sms blasting yang disebar apalagi perihal kredit tanpa agunan dan lain-lain.

“Masyarakat harus berhati-hati dengan sms blasting penawaran kredit agunan tersebut,” tegasnya.

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita