Selasa, 28 Juni 2022

Tanah dari Kampung Aquariun Korban Gusuran Ahok dibawa Anies Baswedan untuk IKN

Tanah dari Kampung Aquariun Korban Gusuran Ahok dibawa Anies Baswedan untuk IKN

Ibu-Ibu mencangkul tanah di Kampung Aquarium untuk diserahkan ke IKN

Jakarta, Swamedium-Warga Kampung Akuarium merupakan warga yang dahulu digusur oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mereka saat itu digusur pada 25 Mei 2015. 

Banner Iklan Swamedium

Namun Setelah Anies Baswedan terpilih menjadi Gubernur DKI, warga gusuran dibuatkan kampung susun. Permukiman yang dahulu diratakan tanah oleh Ahok kini menjadi kampung susun yang terbilang megah. 

Presiden Joko Widodo yang berkemah dan menginap di itik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Senin, 14 Maret 2022. Mengundang seluruh gubernur untuk hadir ke lokasi dengan membawa tanah dan air untuk melaksanakan ritual syukuran di perkemahan  tersebut. 

Tapi diketahui dari 33  Gubernur yang diundang hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi perkemahan. 

Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta sebagai perwakilan provinsi ikut memberikan tanah yang akan diserahkan pada acara ritual syukuran tersebut, dan tahan dari Kampung Aquarium yang dicangkul oleh ibu-ibu yang dipilih untuk diserahkan ke IKN Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan. 

Melalui kanal media sosialnya, Anies Baswedan mengunggah sebuah video pendek yang menggambar sejumlah ibu-ibu yang mencangkul tanah di halaman Kampung Aquarium. Setelah dicangkul, tanah tersebut dimasukkan ke dalam sebuah wadah serupa besek. 

Pada bagian akhir video, tampak Anies Baswedan menunjukkan bagian tanah dari halaman Kampung Aquarium yang hendak ia bawa ke IKN Nusantara. Dikumpulkan jadi satu dengan tanah-tanah dari 33 provinsi dari seluruh Indonesia.        

“Pagi ini, rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Aquarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN,” tulis Anies Baswedan, di akun media sosialnya, Ahad, 13 Maret 2022. 

Anies menulis setiap gubernur ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari provinsinya. “Pada hari minggu siang ini semua, bersama-sama ke Kalimantan Timur,” katanya. 

Anies menjelaskan mengapa tanah dari Kampung Aquarium yang ia bawa ke IKN Nusantara. Menurut dia, tanah Kampung Aquarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan.

“Kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Aquarium menjadi simbol atas kembalinya kita kepada cita-cita dasar pendirian republik ini, yaitu untuk melindungi setiap tumpah darah dan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tulis Anies.

Republik Indonesia, kata Anies digagas oleh kaum terdidik, tapi diperjuangkan dan dipertahankan oleh semua, termasuk oleh rakyat kebanyakan, yang cucuran keringatnya sering tak ditulis dalam buku-buku sejarah.

“Tanah yang dicangkul oleh para Ibu ini diantarkan ke lahan yang kelak akan dibangun kota baru, yang kelak menjadi ibu kota, yang diharapkan jadi kota yang mencerminkan cita-cita mendasar atas republik ini,” tulis Anies. **

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita